SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


Wakil Bupati Kab.Manggarai Barat Membuka Kegiatan Pemasyarakatan, Sosialisasi, dan Penyuluhan Pencarian dan Pertolongan


Labuan Bajo 24/11/2021. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Direktorat Bina Potensi bersama Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere melaksanakan Kegiatan Pemasyarakatan, Sosialisasi, dan Penyuluhan Pencarian dan Pertolongan di Labuan Bajo Kab.Manggarai Barat.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kab.Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, M.Kes di di aula Bupati Kab.Manggarai Barat. Dalam sambutanya Yulianus mengatakan bahwa musibah dapat terjadi kapan saja, dimana saja ,dan menimpa siapa saja. Oleh karena itu  Kita semua harus memilki kewaspadaan terhadap potensi-potensi musibah yang ada.

“Dengan adanya kegiatan Pemasyarakatan, Sosialisasi, dan Penyuluhan Pencarian dan Pertolongan yang kita akan laksanakan ini harapan saya dapat menyatukan niat tulus ikhlas dan dedikasi dalam memberikan pelayanan dibidang pencarian dan pertolongan kepada masyarakat luas serta dapat meningkatkan sinergitas antar Potensi SAR yang ada di Wilayah Kab.Manggarai Barat,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Bina Potensi Basarnas Drs.Mochamad Hernanto,M.M mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan Pemasyarakatan, Sosialisasi, dan Penyuluhan Pencarian dan Pertolongan merupakan program kerja Direktorat Bina Potensi Kantor Pusat. Hernanto menambahkan kegiatan ini juga berpedoman pada Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan bahwa Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan memiliki kewajiban untuk memasyarakatan SAR ke seluruh penjuru tanah air.

“Pada kegiatan inilah kita mengharapkan dapat menyatukan Visi Maupun Misi dalam Pelaksanaan Operasi SAR saat terjadi kondisi kedaruratan di wilayah Kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere serta meningkatkan kompetensi dan ide-ide Progresif di Bidang Pencarian dan Pertolongan (SAR) lainnya,”jelas Hernanto.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere  I Putu Sudayana,S.E,M.AP yang ditemui saat wawancara mengatakan bahwa kami sangat berharap acara kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Kegiatan ini juga sebagai implementasi positif dari Basarnas kepada Kab.Manggarai Barat yang menjadi salah satu daerah wisata Destinasi Super Prioritas.

“Kami berharap nantinya sosialiasi ini dapat dikembangkan melalui kegiatan lain yang bersifat inovatif guna mendukung tingkat keselamatan yang tinggi di wilayah daerah wisata destinasi super prioritas labuan bajo,” pungkas Kepala Kantor.

Adapun jumlah Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 52 Orang yang berasal dari Instansi Polres Manggarai Barat, Syahbandar,P3KOM serta dari Nelayan, Agen Kapal, Dive Center, ABK Kapal,Kru Kapal serta Operator Spee Boat dengan pemateri berasal dari narasumber Basarnas Pusat dan Instruktur dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Pada kegiatan ini akan membawa materi dinataranya ialah Substansi Basarnas, Teknik Dasar Pertolongan Pertama, dan Teknik Pertolongan di Permukaan Air dengan capaian Para Peserta diharapkan dapat membangun karakter yang kuat kepada Masyarakat sebagai generasi penggerak agar lebih tanggap saat menghadapi musibah dan bencana.

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Agenda Pusat , Pelatihan .
Pengunggah : Maumere
24 November 12:00 WIB