SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


TIM SAR GABUNGAN MELAKSANAKAN PENCARIAN SEORANG NELAYAN BELUM KEMBALI MELAUT DI KAB.ENDE


Ende,17/11/2021. Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere pada Pukul 20.15 Wita (16/11) menerima informais dari Staf BPBD Ende Bapak Arifin bahwa telah terjadi kecelakaan kapal berupa satu orang nelayan Bernama Muhammad Mansyur Seorang Laki-laki berusia  55 Tahun yang beralamat di Jl. IH Doko Kel.Tentandara Kec.Ende belum kembali dari mencari ikan di perairan pelabuhan Ipi Ende.

Kronologi kejadian berawal pada 07.00 Wita Wita (16/11)  Nelayan Mansyur berangkat melaut untuk mencari ikan dengan menggunakan perahu motor di perairan pelabuhan ipi Ende namun sampai diterimanya laporan dari Staf BPBD Ende Nelayan Arifin tak kunjung jua kembali dari melaut.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana,S.E.,M.AP selaku SMC (SAR Mission Coordinator) mengatakan dalam wawancara banhwa “Pukul 20.20 Wita Wita (16/11)  setelah menerima informasi dari staf BPBD Ende Kami langsung melaksanakan koordinasi dengan potensi SAR yang di Kab. Ende seperti Polres Ende, Pos AL Ende, Polair Ende, BPBD Ende, Dinsos Ende dengan hasil bahwa telah diupayakan pencarian oleh keluaga korban dengan hasil pada pukul 16.30 Wita Wita (16/11)  hanya Perahu Korban pada koordinat 8°51’5.38”S-121°40’38.06”E. Pada pukul 20.35 Wita Wita (16/11) diberangkatkan Tiga Orang Tim Rescue Unit Siaga SAR Ende yang diperkuat dengan tambahan 4 Orang Tim Rescue Basarnas Maumere menuju lokasi kejadian dengan menggunakan 1 Unit Mobil Rapid Land yang dilengkapi dengan Peralatan SAR.”

Lebih Lanjut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere mengatakan bahwa “Hari ini tanggal 17 November 2021, merupakan hari kedua pencarian nelayan Mansyur yang belum kembali dari melaut, Pukul 06.00 Wita tadi Tim SAR Gabungan telah melaksanakan briefing kesiapan Tim dan Alut dan sampai pukul 11.00 Wita pelaksanaan pencarian korban masih terus dilakukan, Kita semua berharap agar Nelayan Bapak Mansyur segera ditemukan dengan selamat serta pelaksanaan operasi SAR berjalan dengan aman dan lancar dengan tetap berpedoman protokol kesehatan covid-19.”



Kategori Kecelakaan kapal .
Pengunggah : Maumere
17 November 9:00 WIB