SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


Tim SAR Evakuasi Satu Jenazah di Perairan Popoh


Tulungagung – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi satu jenazah tanpa identitas di perairan pantai Popoh, kecamatan Besuki, kabupaten Tulungaung, pada Rabu (02/9) sekitar pukul 09.00 WIB.

Koordinator Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, begitu menerima laporan adanya nelayan yang melihat mayat terapung di pantai Popoh, satu tim operasi Pos SAR Trenggalek segera diberangkatkan ke lokasi untuk mengevakuasinya.

Jenazah tanpa identitas ini berhasil dievakuasi pada hari kedua. Sebab pada hari per-tama, upaya evakuasi yang dilakukan tim SAR gabungan menghadapi kendala cuaca yang kurang bersahabat.

Menurut data dari BMKG, kondisi cuaca di sekitar lokasi penemuan, dimana kecepatan angin yang berkisar diantara 10 - 16 knots dan ketinggian gelombang yang bervariasi antara 4 - 6 meter.

Wayan menambahkan, setelah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan menuju ke darat, selanjutnya jenazah tanpa identitas tersebut dibawa ke RSUD dr Iskak Tulungagung guna dilakukan proses identifikasi oleh petugas yang berwenang.

Dalam proses evakuasi ini, tim SAR gabungan didukung dengan sejumlah peralatan, diantaranya peralatan water rescue; APD (Alat Pelindung Diri), diantaranya jaket pelampung, helm safety, booties, baju hazmat; peralatan komunikasi, peralatan medis dan sejumlah peralatan pendukung lainnya.

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, keberhasilan upaya evakuasi juga berkat kerjasama dengan unsur SAR gabungan, diantaranya Polsek Besuki, Koramil Besuki, Kamladu Popoh, Pos TNI AL Prigi, Perangkat desa Popoh, Basarta, dan nelayan sekitar. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
2 September 9:25 WIB