SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


SENKOM MITRA POLRI Jawa Timur Ikuti Pembinaan SAR COMMUNITY Di Bidang Pertolongan Pertama


Sidoarjo - Sebanyak 40 orang anggota SENKOM MITRA POLRI menjadi peserta dalam Pembinaan SAR Community di Bidang Pertolongan Pertama yang diadakan Direktorat Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Acara ini akan diadakan selama 4 hari sejak hari Senin (06/09) di Balai Pelatihan Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya di Kwangsan, Sedati, Sidoarjo. 

Acara ini dibuka oleh Direktur Bina Potensi, Drs. Mochamad Hernanto, M.M. Dalam sambutannya beliau berharap para peserta dapat serius menyerap ilmu yang akan diberikan oleh instruktur BASARNAS. “Bencana dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan kepada siapa saja. Oleh karena itu saya harap kita semua mempunyai bekal dalam pertolongan pertama sehingga bila terjadi sesuatu disekitar kita paling tidak kita mengetahui apa yang harus dilakukan” tambah Hernanto.

Acara pembukaan dihadiri pula oleh M. Zaenal Arifin selaku Kasi Sumber Daya Kantor SAR Surabaya serta Hari Adi Purnomo selaku Kepala Kantor SAR Surabaya. Selain Hernanto, Ketua Senkom Mitra Polri Jawa Timur, Ir. H. Ma’un, M.T.  turut memberikan sambutan. 

H. Ma'un mengatakan kurang lebih terdapat 7000 anggota Senkom di seluruh Jawa Timur. “Yang menjadi peserta pelatihan ini masing-masing mewakili 1 kabupaten dan kota yakni sejumlah 38 orang dan 2 orang lagi mewakili SENKOM Provinsi” jelasnya. Pada kesempatan ini ia juga berterimakasih kepada pihak Direktorat Bina Potensi BASARNAS maupun Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya atas pembinaan di bidang pertolongan pertama yang akan berguna bagi para peserta.

Pada pembinaan di bidang pertolongan pertama ini, peserta akan diajarkan tentang penilaian awal korban, pemindahan korban, BHD, RJP, langkah awal mengatasi pendarahan dan syok, cedera jaringan lunak, cedera kepala, dada, tulang belakang dan juga luka bakar. Peserta tidak hanya akan diberikan materi namun juga berkesempatan untuk latihan praktik materi yang diberikan oleh instruktur. 

40 peserta akan didampingi oleh 2 mentor yang merupakan rescuer dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya dan 3 mentor dari Basarnas Special Group (BSG) Kantor Pusat. Materi dan Praktek akan diberikan oleh 6 istruktus Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya. Seluruh peserta dan panitia telah menjalani screening vaksin Covid-19 dan Rapid Test guna menghindari penularan Covid-19 selama acara berlangsung. Seluruh acara juga dijalankan berdasarkan protokol Kesehatan Covid-19. 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : surabaya
7 September 13:16 WIB