SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


Pesawat Quest Kodiak 100 Jatuh di Danau Sentani


Jayapura - Pesawat Quest Kodiak 100  milik MAF mengalami kecelakaan dan jatuh di danau Sentani pada Selasa (12/5) pukul 06.29 WIT.  Menurut laporan awal dari ATC Jayapura pesawat di informasikan jatuh selang 2 menit take off dari Run Away 12 Bandar udara Sentani.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura Zainul Thahar, ST, MA membenarkan jatuhnya pesawat yang dengan Call sign PK MEC tersebut yang di piloti Joice Lin Warga Negara Amerika.

" Informasi awal adanya kecelakaan ini kami dapatkan dari Pihak Air Nav Sentani bahwa pada pukul 06.27 terjadi lost Contact Pesawat dan Tim Basarnas kami gerakkan ke Lokasi untuk melakukan pencarian", lanjut Zainul.

Masyarakat nelayan kata Zainul telah berada di lokasi untuk membantu mengikat badan pesawat agar tidak masuk ke air lebih dalam. Tim Rescue Basarnas di Bantu oleh TNI/Polri dan masyarakat mengumpulkan puing puing pesawat yang tersebar di permukaan air danau Sentani. 

" Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang telah membatu mengikat salah satu badan pesawat dan juga mengumpulkam serpihan. Pesawat tersebut terbang dari Sentani dengan tujuan  Diatrik Mamit Kabupaten Tolikara ", tegas Zainul.

Pukul 08.30 WIT korban dapat dievakuasi oleh Tim SAR gabungan dengan melakukan penyelaman di danau dengan kedalaman 12 meter. Posisi Korban saat di evakuasi masih duduk di dalam kursi kemudi dengan tali pengaman (seat belt) masih terpasang. Tim penyelam memotong tali pengaman untuk mengeluarkan korban dari dalam air.

Tiga penyelam dari Basarnas dan TNl AU tersebut akhirnya dapat mengeluarkan jasad korban dari dalam air dan korban selanjutnya di evakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua. (yd)

 



Kategori Kecelakaan Penerbangan , Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
12 May 13:05 WIB