SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


Monev KIP Basarnas Tahun 2021 


Jakarta- Keterbukaan Informasi menjadi hal yang sangat penting untuk mewujudkan Good Governance dalam mendorong  tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, partisipatif dan akuntabilitas. Keterbukaan Informasi Publik dinilai menjadi faktor utama dalam Penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas dan merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya. 
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik dijelaskan  bahwa untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat dan sederhana setiap Badan Publik harus memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi,melaksanakan Pengembangan sistem penyediaan layanan informasi secara cepat, mudah dan wajar sesuai dengan petunjuk teknis standar layanan Informasi Publik yang berlaku secara nasional juga, menyediakan sarana, prasarana, dan/atau fasilitas pelayanan publik yang mendukung terciptanya pelayanan publikyang berkualitas .
Basarnas sendiri telah menyediakan sistem informasi data dan informasi basarnas (SIMASDA) dimana didalamnya memuat informasi mengenai pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan (pesawat dan kapal), kecelakaan pada penanganan khusus, bencana pada tahap tanggap darurat dan konsisi membahayakan jiwa manusia yang dapat diakses secara Real – Time oleh masyarakat luas. 
Atas hal yang telah diuraikan diatas, Basarnas berkomitmen secara penuh tanggung jawab, konsisten, taat dan patuh untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas sesuai yang diamanahkan oleh Undang-Undang No 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Dalam closing statementnya,Sekretaris Utama Basarnas, Drs. Dianta Bangun,M.Kes menyatakan “ dengan adanya keterbukaan informasi publik sangat membantu basarnas dalam melaksanakan tugas pokok basarnas dan pertanggungjawaban kepada masyarakat dan mendorong basarnas untuk memberikan informasi yang cepat, tepat, dan akuntabel.”(nrl)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru Nugroho
11 October 18:00 WIB