SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


Jamikem Ditemukan di Sungai Wengkal


Nganjuk – Jamikem (57) seorang korban tenggelam di sungai Wengkal, kabupaten Nganjuk, ditemukan tim SAR gabungan sudah dalam kondisi meninggal, pada Senin (29/11) sekitar pukul 17.50 WIB.

Jenazah nenek Jamikem ditemukan di lokasi yang berjarak sekitar 5 kilometer dari lokasi kejadian tenggelamnya korban. Selanjutnya, jenazah korban dievakuasi dan dibawa ke rumah duka guna diserahkan kepada pihak keluarga.

“Sebelumnya dalam upaya pencarian keberadaan nenek Jamikem, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU air untuk menyusuri sungai Wengkal dengan metode renang jeram,” kata Yoni Fariza selaku Koordinator Pos SAR Trenggalek.

Yoni menjelaskan, metode renang jeram ini dilakukan karena kondisi sungai Wngkal yang sempit dan dangkal. Sehingga, tim SAR tidak dapat menurunkan perahu kaet sebagai sarana pendukung pencarian.

SRU air pertama melakukan penyisiran sejauh 4 kilometer yang dimulai dari daerah di koordinat 7 °34' 9.85" S 111° 59' 52.46" E hingga sampai di daerah di koordinat 7° 33' 33.36" S 112° 1' 28.06" E.

SRU air kedua melakukan penyisiran sejauh 4 kilometer yang dimulai dari daerah di koordinat 7° 33' 33.36" S 112° 1' 28.06" E hingga sampai di daerah di koordinat 7° 32' 46.31" S 112° 3' 23.58" E.

Untuk mengoptimalkan upaya pencarian, lanjut Yoni, tim SAR gabungan juga meng-erahkan beberapa orang personel untuk melakukan pengamatan di beberapa lokasi di sepanjang sungai Wengkal.

Merka juga menyebarkan informasi kejadian yang dialami korban kepada warga yang beraktivitas di sekitar sungai, dengan tujuan agar jika ada diantara mereka yang tahu posisi korban, maka diharapkan agar segera melaporkannya kepada petugas.

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, upaya pencarian hingga evakuasi korban ini juga melibatkan peran dari tim BPBD kabupaten Nganjuk, Polsek Rejoso, Koramil Rejoso, SAR Destana, SAR Senopati, SAR Singowande, Rescue Ngawi, LPBI NU, Tagana, Banser, BP Nganjuk, Resob Blitar, SAR Sikatan, SAR MTA, dan potensi SAR lainnya. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya
29 November 19:30 WIB