SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


Hari ke-4 Banjir Bandang di Masamba, Basarnas Lanjutkan Pencarian Korban.


Masamba - Kamis (16/7/2020) memasuki hari ke-4 sejak terjadinya banjir bandang di Masamba Luwu Utara pada Senin (13/7/2020) lalu, Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar beserta tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban.

Hingga Kamis pagi tercatat korban selamat sebanyak 1.542 orang. Korban meninggal dunia 30 orang dan sementara dalam pencarian 15 orang.

"Tim sar gabungan hari ini dibagi menjadi 6 SRU (Search Rescue Unit) yang melakukan pencarian di daerah perumahan warga di Kelapa Gading Asri dan Perumahan Graha, Jalan Masamba - Tomimi, Puncak Meli Patambua, Sekitar Tugu Coklat, Sekitar Ir Soekarno, sekitar jalan Lesangi dan perumahan sekitar bandara Andi Djemma," kata Mustari, selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar.

Mustari menambahkan bahwa kendala di lapangan adalah akses menuju ke lokasi yang berlumpur tebal, juga banyaknya pohon yang tumbang sehingga menyulitkan bagi tim untuk melakukan evakuasi secara manual.

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Didi Hamzar tiba di Posko banjir yang berada di Masamba. Kehadiran Direktur Siaga dalam rangka asistensi Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar yang sedang melakukan pencarian korban banjir bandang di Masamba.

Dihadapan seluruh personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar Didi menekankan agar seluruh yang bertugas tetap mengutamakan keselamatan dan tetap patuhi protokol kesehatan. Didi menambahkan bahwa pencarian tetap dilakukan sesuai dengan standarnya selama 7 hari, tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang dan tetap dilakukan pemantauan.

Hingga saat ini sekitar 500 orang yang terdiri dari berbagai unsur turut membantu proses pencarian korban. 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Bencana .
Pengunggah : Daru Nugroho
16 July 17:30 WIB