SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


Dua orang warga Gunungpati Tewas saat menguras air sumur


Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi Isfani (39) dan Sutarjo(39) dari dasar sumur dalam keadaan meninggal dunia. Keduanya diketahui  tercebur sumur pada rabu (7/10/2020) pukul 12.15 WIB saat menguras air yang ada didalam sumur tersebut. Keduanya adalah warga Terwidi kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya menceritakan, kronologi kejadian sekitar pukul 09.00 WIB Isfani sedang menguras air menggunakan pompa air. saat hendak naik, pompa air yang di atas terjatuh dan menimpa korban sehingga korban terjatuh ke dasar sumur. Mengetahui kondisi tersebut, Sutarjo, rekan korban dan warga sekitar berusaha menolong.

 

"Sutarjo turun ke bawah dengan menggunakan tali. Saat saat berhasil mengevakuasi Irfani, mereka berdua naik, namun tiba-tiba tali yang dipakai putus dan kedua korban akhirnya jatuh kembali ke dasar sumur" ungkap Yahya.

 

" Pukul 11.45 WIB Sutarjo dapat di evakuasi lebih dahulu oleh tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia, selanjutnya pukul 12.15 WIB disusul Isfani berhasil di evakuasi juga dalam keadaan meninggap dunia dan selanjutnya dibawa ke rumah duka" lanjutnya.

 

"Tim SAR gabungan melakukukan evakuasi dengan motode Lowering 1 rescuer turun dengan menggunkan alat bantu nafas Self Contain Breating Apparatus ( SCBA) untuk mengikat tubuh korban , untuk menarik kedua korban dengan sistem Lifting " imbuh Yahya kemudian.

 

"Dengan berhasilnya evakuasi korban, maka operasi SAR resmi ditutup. Kami ucapkan terimakasih kepada tim SAR gabungan atas kerjasamanya " tutupnya



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : semarangadmin
7 October 16:03 WIB