SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


Bupati Jayapura Membuka Rapat Koordinasi Pecarian dan Pertolongan (SAR)


Sentani-Bupati Jayapura Matheus Awoitauw, SE, M.Si pagi tadi (7/12) membuka Rapat Koordinasi (RAKOR) Pencarian dan Pertolongan (SAR) di hotel Suni Garden Lake Sentani . Acara di hadiri oleh pimpinan tinggi TNI, POLRI, Instansi Pemerintahan, perusahan pernerbagan serta organisasi potensi terkait.

Dalan sambutannya Bupati menyampaikan Rapat Koordinasi ini sebagai sarana atau media konsolidasi antara Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura dengan Dinas/Lembaga guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diwilayah Papua.

“ Keberhasilan operasi SAR dapat terwujud jika adanya kerjasama dan sinergitas antara semua unsur baik Pemerintah Daerah, TNI, POLRI , masyarakat serta potensi SAR ,”

Sementara itu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kakansar) Jayapura Sunarto,S.IAN mengatakan bahwa perlunya saat ini Basarnas melakukan  sosialissai Radio Beacon kepada Operator penerbangan dan pelayaran. Radio Beacon adalah sinyal Disstres yang dipancarkan dari pesawat, kapal dan perorangan.

“Sinyal Disstres terjadi jika pesawat atau kapal mengalami guncangan yang keras sehingga sinyal akan memancar dan diterima oleh satelit Basarnas”, terang Sunarto

Lebih lanjut Sunarto menjelaskan bahwa alat pemancar sinya di kapal adalah EPIRB (Emergeny  Possitioning Indicator Radio Beacon) dan untuk di pesawat bernama ELT ( Emergency Locator Transmitter).

Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Penyusunan Rencana Kontijensi Kecelakaan Pesawat Udara di Gunung Hutan yang dilaksanakan di Aula Kantor SAR Jayapura yang di hardiri oleh seluruh potensi SAR pada selasa (6/12).(yd/hmsjpr)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Albert
7 December 12:00 WIB