SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


BASARNAS MAUMERE EVAKUASI SEORANG PENUMPANG KAPAL MATI MESIN DI PERAIRAN GELITING KAB. SIKKA


Maumere, 22/10/2020. Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere menerima laporan dari Bapak Danus berupa kecelakaan satu buah Kapal Tanpa Nama mengalami mati mesin di Perairan Kab. Sikka dengan jarak 6,27 NM dari Pelabuhan Wuring.

Kronologi bermula saat Kapal Tanpa Nama berjenis Kapal Ketinting Rute Kojadoi – Maumere dengan Penumpang 1 Orang pada Pukul 11.00 Wita mengalami mati mesin di Perairan Geliting Kab. Sikka.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Bapak I Putu Sudayana, S.E, M.AP yang bertindak sebagai SMC (SAR Mission Coordinator) mengatakan dalam wawancara bahwa “Kami menerima laporan dari Bapak Danus pada pukul 12.50 Wita bahwa terjadi kecelakaan kapal tanpa nama mengalami mati mesin dengan POB 1 Orang. Pada pukul 12.55 Wita Kami melaksanakan koordinasi dengan instansi potensi SAR yang ada di Maumere seperti Lanal Maumere, Ditpolair NTT, Polair Sikka dan KSOP Maumere. Pada pukul 13.10 Wita Kami berangkat Tim Rescue Basarnas Maumere berjumlah 5 Orang menuju lokasi kejadian dengan menggunakan Satu Unit RIB 500 PK Basarnas Maumere yang telah dilengkapi Palsar Air lainnya guna melaksanakan Operasi SAR.”

Lebih lanjut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Bapak I Putu Sudayana, S.E, M.AP mengatakan bahwa “Pada pukul 13.32 Wita Tim Rescue Basarnas Maumere menemukan Kapal Tanpa Nama tersebut dengan jarak dari lokasi kejadian 0,29 NM dan Korban ditemukan dalam keadaan selamat. Pada pukul 14.27 Wita Korban di transfer dari RIB 500 PK Kansar Maumere menuju Kapal Keluarga Korban yang ikut dalam pencarian. Pada Pukul 14.32 Wita Kapal Keluarga Korban sudah merapat di Pelabuhan Fery Kewapante dengan membawa korban dalam keadaan sehat dan selamat”.

Apresiasi setinggi-tingginya diberikan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Bapak I Putu Sudayana, S.E, M.AP yang bertindak sebagai SMC (SAR Mission Coordinator), Beliau mengatakan bahwa “Saya mengucapkan Terima Kasih Setinggi-tingginya Kepada Tim rescuer Basarnas Maumere yang telah sigap melaksanakan respon time yang cepat terhadap Ops SAR Hari ini sehingga Korban dapat dievakuasi dengan selamat ke Pelabuhan Kewapante. Serta Terima Kasih Kepada Keluarga Korban yang telah membantu melaksanakan Operasi SAR sehingga semuanya berjalan dengan lancar dan aman. Semoga Operasi SAR ini yang merupakan salah satu bentuk misi kemanusiaan mendapatkan Pahala yang besar dari Tuhan yang Maha Esa”.

 



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Maumere
22 October 16:00 WIB