SEMANGAT PAGI BASARNAS INDONESIA


Pemusnahan Arsip Inaktif di Lingkungan Basarnas


Kamis (07/10/2021), bertempat di Aula Lantai 3 Gedung Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kemayoran  telah dilakukan kegiatan pemusnahan arsip milik Basarnas. Arsip yang dimusnahkan adalah arsip yang tidak memiliki nilai guna, telah habis retensinya, dan berketerangan dimusnahkan berdasarkan jadwal retensi arsip, tidak ada peraturan perundang-undangan yang melarang, dan tidak berkaitan dengan penyelesaian proses suatu perkara. Arsip yang dimusnahkan saat ini adalah arsip tahun 1979-2018 yang berdasarkan peraturan sudah habis masa retensinya (masa simpan) sebanyak 1161 berkas/dokumen arsip. Arsip yang akan dimusnahkan dari tiap-tiap direktorat/Biro diserahkan secara simbolis dan diwakili oleh Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Didi Hamzar, S.Sos.,M.M.
Pemusnahan arsip dilaksanakan dengan cara dicacah menjadi bagian-bagian kecil dengan menggunakan mesin penghancur kertas (paper shredder). Pemusnahan arsip dilakukan secara total sehingga tidak dapat dikenali lagi isi maupun bentuknya. Sesuai Undang – undang No.43 Tahun 2009 tentang kearsipan, menyatakan bahwa pencipta Arsip wajib mengelola arsip dinamis. Pengelolaan arsip meliputi penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip dan penyusutan arsip. Penyusutan arsip adalah kegiatan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan arsip inaktif dari unit Pengelola ke Unit Kearsipan, pemusnahan arsip yang tidak memiliki nilai guna dan penyerapan arsip statis kepada Lembaga Kearsipan.
Sekretaris Utama Basarnas Drs. Dianta Bangun, M.Kes mengharapkan penyediaan daftar arsip aktif pada masing-masing unit kerja bukan sebatas formalitas pendukung bukti kerja para arsiparis namun sebagai salah satu sarana dalam mendukung penyelenggaraan PPID sebagaimana kita ketahui bahwa arsip merupakan sumber informasi primer. Dalam era keterbukaan informasi publik saat ini keberadaan arsip sangat strategis sebagai mesin penggerak pelayanan informasi baik kepada masyarakat maupun badan hukum.
Setelah pemusnahan, dilakukan penandatanganan berita acara pemusnahan arsip oleh Kepala Biro Umum S Riyadi, S.Sos.,M.M yang disaksikan oleh Direktur Operasi SAR Brigjen TNI Rasman M.Tr (Han) dan Direktur Bina Potensi SAR Drs. Mochamad Hernanto, M.M. Acara ini juga dihadiri pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Basarnas. Kegiatan ini juga diikuti oleh Pejabat di UPT secara virtual. (yun)



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
7 October 14:25 WIB