Rapat Koordinasi SAR Pelayaran dan Latihan Operasi SAR Penerbangan di Papua


Kantor SAR Jayapura --- Sebagai konsekuensi logis masuknya Negara Indonesia ke dalam Organisasi Penerbangan dan pelayaran  Internasional, maka Indonesia berkewajiban untuk menyiapkan dan memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan terhadap pengguna jasa transportasi dunia yang melintas wilayah Indonesia bahwa negara Indonesia siap melaksanakan upaya SAR apabila terjadi kecelakaan dimanapun tempatnya. Kepercayaan masyarakat  dunia ini akan terbangun apabila  Indonesia dapat membuktikan dengan kecepatan memberikan pertolongan pada setiap saat dan setiap tempat sehingga dapat mengurangi jumlah korban yang ditimbulkan akibat musibah Penerbangan dan Pelayaran tersebut.{READMORE}

Di latar belakangi konsekuensi tersebut maka Badan SAR Nasional wilayah kerja Kantor SAR Jayapura mengadakan Rapat Koordinasi SAR Pelayaran dan Latihan Operasi SAR Penerbangan di wilayah timur Indonesia khususnya Papua. Rapat Koordinasi SAR Pelayaran yang dilaksanakan pada hari rabu (28/8) di Hotel Aston Jayapura ini mengusung tema “Dengan Latihan Operasi SAR kecelakaan penerbangan di papua dan Rapat Koordinasi SAR kita tingkatkan Upaya pelayanan SAR terhadap masyarakat Papua guna memberikan jaminan kelangsungan Hidup korban”. Rakor tersebut dihadiri oleh 80 peserta dari TNI,POLRI, Instansi Pemerintah, Instansi swasta, organisasi masyarakat dan 9 narasumber baik dari Basarnas Pusat dan potensi setempat.

Acara Rapat Koordinasi SAR Pelayaran dan Latihan Operasi SAR Penerbangan ini dibuka oleh Direktur Operasi dan latihan SAR Brigjen TNI Tatang Zainudin ditandai dengan pemukulan tifa. Dalam sambutan Kepala Badan SAR Nasional yang dibacakan oleh Direktur Operasi dan Latihan SAR menyatakan bahwa kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dengan potensi SAR agar dalam pelaksanaan operasi SAR dapat berjalan sesuai dengan yang dihararapkan, Selain itu juga yang perlu dikembangkan Badan SAR Nasional adalah meningkatkan kompetensi atau kemampuan personil, meningkatkan sarana dan prasarana SAR, koordinasi yang mantap dengan potensi SAR serta manejemen operasi SAR yang efektif.

Selain itu juga dalam laporan yang di sampaikan Kepala Kantor SAR Jayapura bahwa tujuan Rapat Koordinasi dan Latihan Operasi SAR ini adalah untuk menghimpun data dan masukan dari pemangku kepentingan  guna terususunnya Rencana Operasi kecelakaan di laut dan meningkatkan koordinasi antar unsur SAR dalam penanganan kecelakaan penerbangan di Papua. (humas)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
28 August 20:22 WIB