Kepala Basarnas : Utamakan Keselamatan dan Tetap Jaga Kesehatan


SENTANI - Selasa (19/3) memasuki hari keempat banjir bandang di Kabupaten Sentanj Jayapura, proses pencarian dan evakuasi korban masih terus dilanjutkan. Cuaca yang kurang bersahabat mengharuskan tim SAR gabungan harus ekstra berhati-hati dalam melaksanakan tugasnya.

WhatsApp Image 2019-03-19 at 6.27.17 PM.jpeg

Sebelum memulai aktvitas, seluruh tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura melaksanakan briefing pagi guna pembagian tugas dan lokasi evakuasi. Pada kesempatan ini Kepala Basarnas Marsekal Madya (TNI) Bagus Puruhito yang datang langsung ke lokasi banjir dengan didampingi Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto memberikan arahan langsung kepada seluruh personil yang bertugas. Bagus menekankan agar seluruh personil selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamata saat melaksanakan proses evakuasi.

WhatsApp Image 2019-03-19 at 6.27.17 PM (1).jpeg

"Kepada seluruh anggota SAR yang terlibat dalam operasi pencarian dan evakuasi korban baik yang hidup maupun yang sudah meninggal untuk tetap mengutamakan keselamatan dan menjaga performa fisik yang saat ini telah memasuki hari keempat agar tetap sehat semua", pesan Jenderal Bintang Tiga.

WhatsApp Image 2019-03-19 at 6.27.18 PM (2).jpeg

"Kalian semua harus tetap semangat dan senantiasa bersinergi dengan potensi SAR yang ada agar terjalin koordinasi dan hubungan kerjasama yang baik dalam mengemban tugas kemanusiaan. Hal ini agar tercipta hasil yang maksimal dalam melakanakan tugas", sambungnya sambil memotivasi seluruh personil.

WhatsApp Image 2019-03-19 at 6.27.19 PM (1).jpeg

Usai briefing, seluruh personil tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura bersama potensi SAR lainnya langsung menuju lokasi pencarian yang sudah ditentukan. Memasuki hari keempat ini, jumlah korban terus bertambah. Tidak hanya itu Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura juga memperoleh laporan kehilangan sebanyak 70 orang.

WhatsApp Image 2019-03-19 at 6.27.19 PM (2).jpeg

"Pencarian masih terus berlanjut. Sampai dengan Selasa sore ini jumlah korban terus bertambah. Korban meninggal sudah mencapai 96 orang, luka ringan 75 orang, luka berat 84 orang, korban yang hilang dilaporkan ada 70 orang", jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura Putu Arga Sujarwadi selaku SAR Mission Coordinator (SMC).

Pencarian korban yang masih terus berlangsung ini juga melibatkan beberapa potensi SAR yakni TNI, Polri, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan masyarakat setempat. (yd)



Kategori Berita Kansar , Bencana .
Pengunggah : Febrilina
19 March 17:31 WIB