Banjir Bandang Sentani, Basarnas Evakuasi Puluhan Korban


SENTANI - Banjir bandang yang melanda daerah Pos 7 Sentani Jayapura pada Minggu (16/3) malam menyebabkan sejumlah bangunan porak poranda serta kendaraan hanyut terseret arus. Warga yang menjadi korban hingga Minggu (17/3) sore sudah mencapai puluhan orang.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura yang mengerahkan empat tim rescue serta dibantu tim SAR gabungan lainnya sejak Sabtu malam telah mengevakuasi 70 korban meninggal, 75 korban luka ringan, dan 30 korban luka berat. Jumlah korban pun diperkirakan masih akan terus bertambah karena proses evakuasi masih terus dilakukan.

WhatsApp Image 2019-03-17 at 4.27.13 PM.jpeg

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolonhan Jayapura Putu Arga Sujarwadi mengatakan untuk data-data korban jiwa masih ada di Puskesmas Sentani namun ada beberapa pihak keluarga yang sudah membawa pulang korban.

"Terkait banjir bandang ini sifatnya langsung dan dipapar ke wilayah-wilayah Kabupaten Sentani yang mana kontur geologisnya tidak berupa dataran langsung tapi ada yang berupa pegunungan ataupun tebing. Begitu juga air dari Gunung Skeilog yang langsung memapar wilayah-wilayah di Kabupaten Sentani", jelas Putu Arga

"Tim sampai saat ini masih terus masih melakukan pencarian.Terkait akses dan kendala, pagi ini cuaca di lokasi hanya gerimis, air di beberapa lokasi juga sudah mulai surut namun masih meninggalkan lumpur-lumpur", sambungnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura pada Minggu malam pukul 21.00 WIT, banjir bandang ini melanda beberapa wilayah yakni Pos 7 Sentani Kemiri, Sosial, BTN Doyo Batu Grand, dan BTN Gajah Mada.

Hingga berita ini diturunkan, tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan dibantu Polres Jayapura, TNI, RAPI, dan masyarakat setempat masih terus siap siaga dan melakukan pencarian korban. (yd)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Bencana Nasional , Bencana .
Pengunggah : albert
17 March 19:00 WIB